DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEGIATAN LITERASI TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:SITI RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-22


Siti Rahmah, 2023. Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Peningkatan Karakter Rasa 

Ingin Tahu dan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 

Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas 

Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 

(Pembimbing I : Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd. Pembimbing II : 

Mahmudah Hasanah M.Pd. ).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan literasi terhadap 

peningkatan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar mahasiswa fakultas keguruan dan 

ilmu pendidikan universitas lambung mangkurat. Metode yang digunakan dalam penelitian 

ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan metode ex post facto. Subjek 

penelitian terdiri dari 338 mahasiswa dari semua mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu 

Pendidikan Banjarmasin, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online untuk 

uji validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan 

regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengaruh antara 

literasi, rasa ingin tahu dan hasil belajar di Universitas Lambung Mangkurat secara 

keseluruhan masih tergolong baik dan cukup. Hal ini berdasarkan pada data yang diperoleh 

dari hasil penelitian terdapat nilai signifikan untuk Pengaruh Literasi (X) terhadap Rasa 

Ingin Tahu (Y1) adalah sebesar 0,036<0,05 dan nilai t hitung 2.103>t tebal 1,967, sehingga 

dapat disimpulkan bahwa H1 dapat diterima yang berarti terdapat pengaruh antara Literasi 

(X) terhadap Rasa Ingin Tahu (Y1) dan kreteria untuk pengaruh kegiatan literasi 

terhadap peningkatan karakter rasa ingin tahu menunjukkan hasil rendah. Kemudian 

terdapat nilai signifikan untuk Pengaruh Literasi (X) terhadap Hasil Belajar (Y2) adalah 

sebesar 0,010<0,05 dan nilai t hitung 2.578>t tebal 1,967, sehingga dapat disimpulkan 

bahwa H1 dapat diterima yang berarti terdapat pengaruh antara Literasi (X) terhadap Rasa 

Ingin Tahu (Y2). kreteria untuk pengaruh kegiatan literasi terhadap peningkatan hasil 

belajar menunjukkan hasil sangat rendah.

Kata kunci : Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Literasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI