DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Materi Indeks Harga di SMA Negeri 3 Banjarbaru
PENGARANG:SHEILA HAIFA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-23


Sheila Haifa Putri, 2023. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI INDEKS HARGA DI SMA NEGERI 3 BANJARBARU. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M. Pd. Pembimbing II: Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M. Pd.).

Media pembelajaran salah satu penunjang penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flip PDF corporate edition pada materi indeks harga. Pembahasan dilakukan untuk mengukur kelayakan media pembelajaran dan pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dilakukan validasi ahli media memperoleh skor 4,43 kriteria sangat baik dan presentase 88,61% sangat layak. Hasil validasi ahli materi adalah 4,29 dengan kriteria sangat baik dan 85,84% kategori sangat layak. Pada uji coba lapangan terbatas penilaian 4,35 sangat baik dan 86,88% sangat layak. Sedangkan uji coba lapangan operasional memperoleh 4,33 kriteria sangat baik dan presentase 86,43% kategori sangat layak. Secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 4,35 kriteria sangat baik dan presentase 86,94% kategori sangat layak. Pengaruh media terhadap hasil belajar menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil nilai signifikansi sama yaitu <0,001 < 0,05. Sedangkan uji mann whitney memperoleh nilai signifikansi 0,032 < 0,05. Sehingga media pembelajaran flip PDF corporate edition layak dan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: media pembelajaran, flip PDF corporate edition, ADDIE.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI