DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA PESERTA DIDIK SMP (STUDI KASUS PADA SMP IT AR-RASYID DAN SMP NEGERI 1 BATU LICIN)
PENGARANG:Rizky Mulyadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-23


ABSTRAK

Mulyadi, Rizky, 2022, Manajemen Implementasi Penanaman Nilai Karakter pada Peserta didik di SMP (Studi Kasus pada SMP IT Ar-Rasyid dan SMP Negeri 1 Batu Licin). Program Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing I Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata kunci: Manajemen, Implementasi, Penanaman Nilai Karakter

        Pendidikan memiliki peran yang sangat penting, khususnya mengenai pendidikan karakter. Pendidikan karakter di Indonesia beberapa waktu belakangan ini mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Hal ini sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Berbagai persoalan tersebut memunculkan anggapan bahwa pelaksanaan pendidikan di sekolah ternyata belum mampu membentuk seseorang untuk menjadi pribadi yang baik dan berkarakter.

        Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengkaji tentang implementasi penanaman nilai karakter terkait dengan manajemen kurikulum, manajemen partisipasi orang tua, manajemen pemberdayaan guru dan peserta didik, dan manajemen kemitraan dinas-dinas pemerintahan pada peserta didik SMP IT Ar-Rasyid dan SMP Negeri 1 Batu Licin. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan fenomenalogis serta rancangan penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang terkumpul dilakukan melalui reduksi, penarikan kesimpulan, penyajian, dan verifikasi.

        Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi penanaman nilai karakter tentang manajemen kurikulum menunjukan bahwa proses alur pendidikan karakter peserta didik sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Untuk manajemen partisipasi pada orang tua membentuk karakter disiplin peserta didik di rumah dengan pembiasaan-pembiasaan seperti shalat Dhuha, pembiasaan patriotisme, pembiasaan shalat sunah dan wajib, dan pembiasaan olahraga Manajemen pemberdayaan pada guru adalah membuat perencanaan dengan berupaya agar pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler. Manajemen pemberdayaan pada peserta didik membentuk karakter tanggung jawab diwujudkan program buku pantauan, penerapan tugas terstruktur kegiatan Mabit dan Imtaq serta selalu menjaga kebersihan lingkungan. Manajemen kemitraan dengan dinas-dinas pemerintahan pada peserta didik adalah merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan perencanaan kerjasama dengan mitra dinas-dinas pemerintahan yang ada di wilayah sekolah. Implementasi nilai karakter tentang manajemen kemitraan dilaksanakan untuk membentuk karakter disiplin peserta didik.

       Saran bagi kepala sekolah Kepala Sekolah Agar selalu menjadi salah satu tokoh utama dalam mensukseskan pembentukan karakter di sekolah dan menjadi panutan yang baik bagi peserta didiknya

ABSTRACT

Mulyadi, Rizky, 2022, Implementation Management of Instilling Character Values in Middle School Students (Case Study at Ar-Rasyid IT Middle School and Batu Licin 1 Public Middle School). Educational Administration Masters Program, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin, Supervisor I Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. Supervisor II Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Keywords: Management, Implementation, Cultivating Character Values

        Education has a very important role, especially regarding character education. Character education in Indonesia has recently received sharp scrutiny from the public. This has become a social problem that until now has not been completely resolved. These various problems have led to the notion that the implementation of education in schools has not been able to form a person to become a good person and with character.

        The research objective was to find out and study the implementation of instilling character values related to curriculum management, management of parent participation, management of teacher and student empowerment, and management of partnerships with government agencies for students of SMP IT Ar-Rasyid and SMP Negeri 1 Batu Licin. The research uses a qualitative approach using phenomenal and case study research designs. The research subjects consisted of school principals, vice principals, teachers, and students. Data collection was carried out through observation, in-depth interviews, and documentation. Analysis of the collected data is done through reduction, drawing conclusions, presentation, and verification.

       The conclusion of this study is that the implementation of instilling character values regarding curriculum management shows that the character education flow process of students is in accordance with the Learning Implementation Plan (RPP). For management participation in parents to form the disciplined character of students at home with habits such as Dhuha prayer, habituation of patriotism, habituation of sunnah and obligatory prayers, and sports habituation Management of teacher empowerment is to make plans by trying to develop character education through extracurricular activities. Empowerment management for students forms the character of responsibility manifested in the monitoring book program, implementation of structured tasks for Mabit and Imtaq activities and always keeping the environment clean. Partnership management with government agencies for students is an activity carried out by planning cooperation with partner government agencies in the school area. The implementation of character values regarding partnership management is carried out to form the disciplinary character of students.

       Suggestions for school principals Principals to always be one of the main figures in the successful formation of character in schools and become good role models for their student.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI