DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod pada Materi Kebijakan Moneter di SMA Negeri 5 Banjarmasin
PENGARANG:DITA MAHZATI SAJIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


ABSTRAK

Dita Mahzati Sajidah, 2023. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI NEARPOD PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M. Pd., Pembimbing II: Baseran Nor, M. Pd.)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media nearpod dan tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan media pada materi kebijakan moneter kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 3D. Adapun langkah pengembangan yang dilakukan peneliti adalah  1) Tahap pendefinisian (define), 2) Tahap perancangan (design), dan 3) Tahap pengembangan (development), dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara untuk data awal penelitian, kuisioner/ angket, dan soal tes. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 10 siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Banjarmasin sebagai uji coba kelompok kecil dan 152 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banjarmasin sebagai uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran nearpod layak dan dapat meningkatkan tingkat pemahaman siswa dengan hasil validasi media memperoleh skor 95,83% dengan criteria sangat layak dan hasil validasi materi memperoleh skor sebesar 89,87% dengan kategori sangat layak. Respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 87,82% dengan kategori sangat layak, dan pada uji coba kelompok besar memperoleh skor sebesar 88,53% dengan kategori sangat layak. Kemudian untuk tingkat pemahaman siswa memperoleh skor keseluruhan sebesar 72,2% dengan kategori tinggi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Nearpod, Kebijakan Moneter

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI