DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Kelase dengan Model Blended Learning pada Materi Perdagangan Internasional
PENGARANG:Hilmawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Hilmawati, 2023. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KELASE DENGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Baseran Nor, M.Pd).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Kelase dengan model blended learning pada materi perdagangan internasional kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four-D) yang dimodifikasi menjadi model 3D yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: tahap pendefinisan (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 10 siswa kelas XI IPS 1 sebagai uji coba kelompok kecil dan 31 siswa kelas XI IPS 3 sebagai uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kelase dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 82,9% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi ahli media memperoleh skor 83,6% dengan kriteria sangat valid, serta hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 80,59% dengan kriteria sangat praktis dan pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 80,82% dengan kriteria sangat praktis.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, Kelase, penelitian dan pengembangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI