DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA KERAS MAHASISWA JURUSAN IPS FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:RABIYATUL HASANAH PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


ABSTRAK 

Rabiyatul Hasanah Putri, 2023. Efektivitas Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembentukan Karakter Kerja Keras Mahasiswa Jurusan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. (Pembimbing I Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M. Pd, Pembimbing II: Maulana Rizky, M. Acc., AK)

Menjadi bangsa yang berkarakter sudah menjadi tujuan bangsa Indonesia. Walaupun pendidikan karakter merupakan suatu bentuk pendidikan yang optimal jika diterapkan pada pendidikan usia dini, tetapi pendidikan karakter juga merupakan pendidikan yang harus ada ketika seseorang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan pengaruh modul pembelajaran kewirausahaan berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada pembentukan karakter kerja keras mahasiswa Jurusan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE . Produk yang dikembangkan yaitu modul pembelajaran kewirausahaan berbasis model Problem Based Learning . Subjek uji coba adalah 50 mahasiswa dari 2 program studi dari jurusan IPS yang diambil mata kuliah kewirausahaan yaitu Pendidikan sejarah & Pendidikan Ekonomi . Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar validasi ahli media dan materi, angket respon mahasiswa, dan angket variabel. Dan untuk menghitung pengaruh modul pembelajaran berbasis model PBL terhadap karakter kerja keras menggunakan uji T. Hasil penelitian uji kelayakan oleh ahli materi mendapat skor 4 dengan kriteria baik dan kelayakan 80% dimasukkan kelayakan, ahli media mendapat skor 3,9 dengan kriteria sangat baik dan kelayakan 78,5% diabaikan sangat layak . Hasil respon uji coba kelompok kecil mendapat skor 3,9 dengan kriteria baik dan mendapatkan kelayakan 86% yang dinilai sangat layak. H asil respon uji coba kelompok besar mendapat skor 4,2 dengan kriteria sangat baik dan mendapat kelayakan 81% yang dinilai sangat layak. Hasil penelitian memperoleh nilai signifikansi modul pembelajaran berbasis model PBL terhadap kerja keras 0,00 < 0,05 berarti variabel bebas dengan variabel pengaruh memiliki pengaruh. Bagi peneliti selanjutnya kebanyakan dapat melakukan pengembangan modul pembelajaran menggunakan faktor lain yang berpengaruh terhadap karakter kerja keras yang tidak peneliti teliti .

Kata Kunci: Modul Pembelajaran ; Pembelajaran Berbasis Masalah ; Kerja Keras ; Kewirausahaan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI