DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA SEKOLAH (STUDI MULTI SITUS PADA SDN PARINGIN SELATAN 1 DAN SDIT DARUL FIKRI KABUPATEN BALANGAN)
PENGARANG:HERNINA HALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Berlandaskan pada strategi peningkatan kualitas dan mutu pendidikan yang berfokus pada kultural, maka perlu adanya upaya sekolah melakukan sekolah berbudaya lingkungan. Sekolah berbudaya lingkungan ini telah diatur dalam program pemerintah, yaitu Adiwiyata. Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan program adiwiyata di sekolah, (2) pemberdayaan guru dan staf dalam program adiwiyata sekolah, (3) kemitraan sekolah dengan program manajemen dari institusi luar dalam pengembangan program adiwiyata sekolah.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan rancangan studi multisitus dan metode komparatif konstan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut, diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Selesai diperiksa, data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas situs.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan program adiwiyata di sekolah dilakukan dengan bekerjasama baik dari pihak sekolah maupun instansi lain yang ikut serta membantu keberhasilan program adiwiyata. Sekolah perlu melakukan sosialisasi terlebih dahulu pada instansi-instansi terkait agar mendapatkan dukungan baik berupa materi maupun ilmu yang bermanfaat yang dapat diterapkan dalam kegiatan programa diwiyata sekolah.

Berdasarkan temuan-temuan, disarankan kepada: (1) Kepala sekolah agar tetap selalu meningkatkan kualitas sekolahnya apalagi terhadap program adiwiyata, (2) Para guru dan staf agar selalu meningkatkan perhatian terhadap pengamalan nilai peduli lingkungan, (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang berhubungan dengan manajemen adiwiyata pada situs penelitian lain yang berbeda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI