DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 8 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2021/2022
PENGARANG:DWI MAULINA MASDUKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Telah dilakukan penelitian tentang analisis hasil belajar pengetahuan dan keterampilan berpikir kreatif pada model problem based learning terintegrasi STEM pada materi larutan penyangga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar pengetahuan, (2) perbedaan berpikir kreatif dan (3) respon peserta didik terhadap model PBL-STEM dengan model Ekspositori. Metode dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol di SMAN 8 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar pengetahuan dan berpikir kreatif serta instrumen nontes berupa angket untuk mengetahui respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar pengetahuan yang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,81 dan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,73 (2) terdapat perbedaan berpikir kreatif yang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,71 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,58 (3) model PBL-STEM mendapat respon sangat baik dari peserta didik dan model ekspositori mendapat respon baik dari peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model problem based learning terintegrasi STEM dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI