DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CANVA PADA MATERI SEO KELAS XI DI SMK NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:Rizki Amalia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan lingkungan belajar interaktif Canva dengan materi SEO. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Ada empat fase dalam model 4D yaitu fase definisi, fase desain, fase pengembangan dan fase penyebaran. Penelitian dilakukan selama 5 bulan yang terdiri dari tahap (1) Analisis Input, Analisis Siswa, Analisis Tugas, Analisis Konsep dan Analisis Tujuan Pembelajaran, (2) Persiapan Tes, Pemilihan Media dan Format, Praediting Media Pembelajaran, (3) Validasi dan Verifikasi Pengalaman, Uji Lapangan Terbatas dan Versi , dan Uji Lapangan Fungsional. Alat pengumpulan data berupa formulir validasi ahli media dan materi, angket respon siswa, dan soal pre dan post test. Metode analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Validasi ahli media memperoleh rata-rata skor total 3,67 dan persentase hasil 73,35 dalam kategori layak dan layak berdasarkan kriteria validasi. Sementara itu, hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,1 untuk kriteria sangat valid dan angka hasil 82 dengan kategori sangat layak dan sangat praktis. Lingkungan belajar diperiksa sesuai dengan saran dan komentar dari validator. Pada uji lapangan terbatas respon siswa terhadap lingkungan belajar yang dikembangkan memperoleh rata-rata 4,39 dengan kriteria sangat valid dan persentase yang dihasilkan sebesar 87,88 dengan kategori sangat layak dan sangat praktis. Pada uji lapangan fungsional, respon siswa terhadap lingkungan belajar yang dikembangkan memperoleh rata-rata 4,52 poin karena kriteria sangat valid dan persentase hasil 90,44 dengan kategori sangat layak dan sangat praktis. Lingkungan belajar interaktif Canva digunakan secara efektif untuk pembelajaran berdasarkan hasil uji Wilcoxon yang memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji Mann-Whitney mencapai taraf signifikansi 0,006 <; 0,05 yang berarti penggunaan lingkungan belajar interaktif Canva berpengaruh baik dan hasil belajar nyata pada materi SEO. Hasil pengembanganan ini adalah lingkungan belajar interaktif Canva memiliki materi SEO yang sangat kompeten dengan skor rata-rata 4,17, sangat bermanfaat dan sangat praktis dengan persentase 83,4% dan efektif digunakan untuk pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI