DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel "Tentang Kamu" Karya Tere Liye
PENGARANG:SITI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


ABSTRAK

Lestari, Siti. 2022. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Tentang Kamu” Karya Tere Liye. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

 

Kata kunci: nilai, pendidikan karakter, novel

 

Nilai merupakan segala sesuatu yang dianggap baik dan buruk oleh masyarakat. Karakter dapat diartikan sebagai kebiasaan, yaitu perangai atau perbuatan yang biasanya dilakukan orang. Pendidikan karakter adalah proses pembelajaran yang dilakukan secara terstruktur untuk memahami sifat manusia dan upaya untuk mengembangkan inti moral atau perilaku. Karya sastra dapat dijadikan sebagai sarana pembentukan karakter karena cenderung mengacu pada berbagai nilai moral dan kehidupan manusia.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data berupa novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat dalam novel yang dianalisis menggunakan teknik analisis isi.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) nilai pendidikan karakter yang ditemukan meliputi religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, tanggung jawab, jujur, toleransi, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan peduli lingkungan; (2) relevansi nilai pendidikan karakter dengan bahan pembelajaran sastra di SMA yang berkaitan dengan unsur intrinsik, berupa tokoh, penokohan, latar, dan amanat yang sesuai dengan kriteria bahan pembelajaran yaitu, bahasa yang tidak sulit dipahami oleh siswa, sesuai dengan usia dan lingkungan sosial siswa, memiliki kisah yang menarik minat baca siswa, dan dapat digunakan sebagai bacaan wajib pengembangan intelektual siswa. Hal ini dapat membantu siswa membangkitkan rasa ingin tahu dan sesuai dengan kurikulum.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI