DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Bertahan Tukang Becak Kayuh Kota Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:RIFKIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


ABSTRAK

Rifkiah, 2023. Strategi Bertahan Hidup Tukang Becak Kayuh Kota Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi Program Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas  Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yuli Apriati, (II) Cucu Widaty

 

Kata Kunci: Strategi, Tukang Becak Kayuh, Alasan Bertahan.

           

Becak kayuh yang saat ini keberadaannya tergantikan oleh becak motor (bentor) dan transportasi online mengalami sepi peminat. Para tukang becak kayuh perlu mencari strategi agar tetap dapat bertahan di balik ancaman kemunculan transportasi online dan becak motor (bentor). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Strategi yang diterapkan tukang becak kayuh untuk bertahan di tengah kemunculan becak motor (bentor) dan transportasi online (2) Alasan bertahan tukang becak kayuh di tengah sepinya penumpang.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber penelitian yang dipilih adalah Purposive Sampling dengan 6 orang informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan menggunakan bahan referensi.

Hasil penelitian menemukan bahwa (1) 3 strategi bertahan tukang becak kayuh yaitu 1) strategi jaringan dengan memiliki pelanggan tetap dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, 2) strategi aktif dengan melibatkan anggota keluarga lain dan memiliki pekerjaan sampingan, 3) strategi pasif dengan menghemat pengeluaran (2) alasan bertahan tukang becak kayuh yaitu 1) Aktor, yaitu anggapan tukang becak pekerjaan yang mudah,tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup. 2) Sumber Daya yaitu, rendahnya tingkat pendidikan, usia rata-rata di atas 60 tahun, sulit mendapatkan pekerjaan lain dan tidak memiliki keterampilan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi tukang becak kayuh agar membuat strategi yang lebih kreatif agar tetap mampu bertahan di tengah kemunculan becak motor (bentor) dan transportasi online. Masyarakat dan generasi selanjutnya agar bisa menggunakan jasa tukang becak kayuh untuk terus mempertahankan keberadaan becak kayuh yang saat ini sudah jarang ditemui. Kepada pemerintah agar memperhatikan kesejahteraan tukang becak kayuh sehingga mereka terus bisa mempertahankan hidupnya.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI