DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Penambahan Serbuk Arang Tempurung Kelapa Pada Tanah Lempung Untuk Bahan Inti Embung Kedap Air
PENGARANG:Trisyanita Yuniasari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Tanah lempung banyak dipilih untuk digunakan sebagai bahan lapisan inti kedap air pada embung sebab ada kecenderungan mempunyai sifat rapat air. Namun pada kondisi umum bahwa tanah lempung mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya mempunyai kuat geser yang kecil dan jika terendam air pori-porinya akan cenderung bertambah besar yang dapat berakibat naiknya nilai permeabilitasnya. Adanya kondisi ini tentunya menjadi pertimbangan untuk memperbaiki sifat mekanis tanah lempung tersebut apabila akan digunakan sebagai lapisan inti kedap air pada embung. Salah satu cara untuk memperbaiki sifat mekanis tanah lempung tersebut adalah dengan menambahkan arang tempurung kelapa dalam bentuk serbuk. Arang tempurung kelapa diketahui memiliki sifat mereduksi indeks plastis tanah dan mengurangi pengembangan tanah. Upaya ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kuat geser tanahnya dan memperkecil sifat permeabilitasnya sehingga dapat memenuhi syarat sebagai tanah untuk lapisan inti kedap air. 

Dalam penelitian ini digunakan arang tempurung kelapa sebagai bahan stabilisasi tanah lempung. Adapun prosentasi variasi campuran arang tempurung kelapa yang digunakan adalah 0%, 5%, 10%, 15% dan 20%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sifat fisik tanah sebelum dan sesudah dicampurkan serbuk arang tempurung kelapa dan mengetahui persentase optimum terhadap campuran tanah lempung dan serbuk arang tempurung kelapa. Adapun pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian atterberg limit, analisis gradasi butiran, pemadatan, kuat geser dan permeabilitas.

Berdasarkan hasil dari pengujian dengan sampel tanah bervariasi campuran arang tempurung kelapa 0% sampai dengan 20% maka didapatkan hasil bahwa penambahan arang tempurung kelapa terbaik untuk pengujian kuat geser adalah variasi campuran sebesar 15% dengan nilai kohesi sebesar 0,353 kg/cm2 dan variasi campuran sebesar 20% dengan nilai sudut geser sebesar  43,2580. Sedangkan pada pengujian permeabilitas pada campuran arang tempurung kelapa sebesar 15% merupakan penambahan arang tempurung kelapa terbaik dengan nilai koefisien permeabilitas sebesar 2,106x10-7 cm/detik.

 

Kata Kunci : tanah lempung, embung, arang tempurung kelapa, kuat geser, permeabilitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI