DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN PERPAJAKAN, SANKSI PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:Siti Nurhaliza
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Siti Nurhaliza (2022) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak  Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Populasi dalam penelitian ini adalah  wajib pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yang terdaftar pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 85.099 jiwa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden, dengan menggunakan metode cluster sampling yang dihitung dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan dan sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Namun kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kata Kunci: Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI