DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI KEBIJAKAN MONETER KELAS XI IPS TAHUN PELAJARAN 2022/2023 SMA NEGERI 1 GAMBUT
PENGARANG:AULIANA RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


ABSTRAK

 

Auliana Rizki, 2023. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI KEBIJAKAN MONETER KELAS XI IPS TAHUN PELAJARAN 2022/2023 SMA NEGERI 1 GAMBUT. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah M.Pd. Pembimbing II: H. Maulana Rizky, M.Acc., Ak.)

 

Media pembelajaran interaktif dipandang perlu, mengingat keunggulan dari penggunaan media pembelajaran interaktif dalam proses belajar mengajar yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mengetahui validitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan moneter, (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan moneter, dan (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan moneter terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline berdasarkan hasil skor rata-rata aspek dari ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar diperoleh skor rata-rata aspek sebesar 4,41 dengan kriteria sangat valid; 2) Kepraktisan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline berdasarkan hasil skor rata-rata aspek dari ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar diperoleh skor persentase rata-rata aspek sebesar 88,25% dengan kategori sangat praktis; 3) Keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar berdasarkan analisis hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) dari pre-test dan post-test diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sementara itu, perbandingan nilai t didapatkan thitung > ttabel yaitu 22,035 > 1,67. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Saran yang dapat disampaikan guru diharapkan dapat menjadikan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline sebagai media referensi dalam kegiatan belajar mengajar, dapat berguna sebagai alat bantu guru menyampaikan materi ajar, dan dapat membantu guru mencapai keberhasilan kegiatan belajar mengajar dengan tercapainya hasil belajar siswa diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

 

Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, Articulate Storyline, ADDIE

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI