DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETENSI APARATUR, PARTISIPASI MASYARAKAT, KOMITMEN ORGANISASI, PENGAWASAN, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI EMPIRIS PADA DESA SE-KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR)
PENGARANG:Halimah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Halimah (2022). Pengaruh Kompetensi Aparatur, Partisipasi Masyarakat, Komitmen Organisasi, Pengawasan, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris pada Desa Se Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar). Pembimbing: Hamdani, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis (1) pengaruh kompetensi aparatur terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, (2) pengaruh partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, (3) pengaruh komitmen organisasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, (4) pengaruh pengawasan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, (5) pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey melalui kuesioner kepada 76 perangkat desa yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, dan BPD dari 19 Desa yang berada di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji kualitas data. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan pengujian hipotesis menggunakan uji f, uji t, dan koefisien determinasi (R2) dengan program SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi aparatur tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Partisipasi masyarakat, komitmen organisasi, pengawasan, pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Rekomendasi yang diberikan adalah masih diperlukan peningkatan kompetensi melalui pelatihan atau kursus bagi aparatur desa, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa.

 

Kata Kunci: Kompetensi Aparatur, Partisipasi Masyarakat, Komitmen Organisasi, Pengawasan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI