DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GENIALLY PADA MATERI MASALAH EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Noor Azizah, 2023. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GENIALLY PADA MATERI MASALAH EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 8 BANJARMASIN. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd., Pembimbing II: Mahmudah Hasanah, M.Pd.)

 

Media pembelajaran merupakan faktor yang penting dalam proses pembelajaran.Pengaruh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat munculnya media pembelajaran baru yang terintegrasi dengan komputer atau mobile agar mudah dalam penggunaannya serta dibuat dengan interaktif.Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Menganalisiskevalidan media pembelajaran interaktif berbantuan genially pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi, 2) Menganalisis kepraktisan media pembelajaran interaktif berbantuan genially pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, terdiri dari tahap analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian kevalidan media pembelajaran oleh ahli materi memperoleh persentase skor 94%. Sedangkan penilaian kevalidan oleh ahli media memperoleh persentase skor 90%. Dapat diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata skor 92%. Kemudian berdasarkan penilaian kepraktisan media pembelajaran melalui respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 82%. Sedangkan penilaian kepraktisan melalui respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh persentase skor 79%. Dapat diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata skor 81%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Media pembelajaran interaktif berbantuan genially pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin dinyatakan sangat valid, 2) Media pembelajaran interaktif berbantuan genially pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin dinyatakan sangat praktis.

 

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, genially, ADDIE

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI