DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK MAN 4 BANJAR KELAS X TAHUN 2022
PENGARANG:RIZKI IHWANNOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


ABSTRAK

 

Rizki Ihwannor, NIM 1810122210032, 2022.Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik MAN 4 Banjar Kelas X Tahun 2022. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. H. Syamsul Arifin, M.Pd. Pembimbing: (II) Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd.

 

 

 

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani peserta didik MAN 4 Banjarkelas X tahun 2022.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Metode ini juga disebut kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Teknik pengambilan data dengan tes dan pengukuran TKJI.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X khusus peserta didik laki-laki yang ada di MAN 4 Banjar yang terdiri dari 105 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Simple random sampling adalah dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu (Sugiyono, 2019). Jadi jumlah sampel yang akan digunakan sebanyak 83 peserta didik laki-laki dengan menggunakan rumus slovin dari tingkat toleransi kesalahan 5%.

 

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani peserta didik MAN 4 Banjar kelas X tahun 2022 yang berjumlah 83 peserta didik dengan kategori “kurang sekali” (KS), yaitu sebanyak 3 peserta didik (3.61%), kemudian untuk kategori “kurang” (K) sebanyak 50 peserta didik (60.24%), selanjutnya pada kategori “sedang” (S) sebanyak 22 peserta didik (26.51%), kemudian pada kategori “baik” (B) sebanyak 8 peserta didik (9.64%) dan yang terakhir untuk kategori “baik sekali” (BS) 0% atau tidak ada sama sekali, sehingga dapat disimpulkan bahwa Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik MAN 4 Banjar Kelas X Tahun 2022 adalah masuk dalam kategori “Kurang”.

Kata Kunci: Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Kelas X.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI