DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMASARAN USAHA INDUSTRI ROTI AGUNG
PENGARANG:WIKA VIDYA
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-10-01


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan gambaran umum
perkembangan usaha industri roti agung, serta menganalisis atau menentukan
strategi pemasaran usaha industri roti agung.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif untuk gambaran umum
usaha industri roti agung dan metode kualitatif melalui pendekatan konsep
strategis untuk menganalisis atau menentukan strategi pemasaran usaha industri
roti agung dengan alat analisis SWOT. Pengambilan sampel karyawan dengan
metode Purposive Sampling sebanyak 3 orang dan metode Accidental Sampling
untuk pengambilan sampel konsumen sebanyak 27 orang.
Hasil penelitian yang didapat untuk pemasaran yaitu segmentasi pasar usaha
industri Roti Agung adalah berdasarkan aspek geografis yaitu perkotaan dan
pedesaan dan segmentasi pasar berdasarkan aspek demografis yaitu semua
kalangan masyarakat, kemudian untuk targeting pasar usaha industri Roti Agung
adalah masyarakat kalangan menengah kebawah dan untuk positioning, usaha
industri Roti Agung ingin menempati posisi sebagai salah satu produsen roti yang
bervariasi bentuk dan kemasan seperti produk roti kalangan atas namun
dibanderol dengan harga yang lebih murah sesuai dengan rasa dan kualitas yang
ditawarkan. Bauran pemasaran yang dianalisis pada usaha industri Roti Agung
adalah 8p yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical
evidance, productivity & quality. Untuk penganalisisan matriks SWOT didapatlah
total nilai tertimbang untuk matriks IFE sebesar 2,63 yang menunjukkan bahwa
usaha industri roti agung cukup baik dalam menggunakan kekuatan untuk
mengatasi kelemahan dan total nilai tertimbang untuk matriks EFE sebesar 3,02
yang menunjukkan bahwa usaha industri roti agung baik dalam menggunakan
peluang untuk mengatasi ancaman yang ada. Berdasarkan perhitungan antara nilai
tertimbang matriks IFE dan EFE diperoleh posisi koordinat berada pada sel II
yang menunjukkan usaha industri roti agung ada diposisi Growth dan Build
(Tumbuh dan Berkembang) dengan alternatif strategi intensif dan strategi
integrasi. Hasil perumusan strategi menggunakan matriks SWOT dapat diketahui
usaha industri roti agung termasuk ke dalam kelompok strategi S-T yaitu,
menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman dan memanfaatkan peluang
jangka panjang dengan cara diversifikasi (produk/pasar) dengan faktor strategis
sebagai berikut, membuat inovasi rasa, bentuk dan tekstur agar tercipta ciri khas
dari Roti Agung, meningkatkan dan mempertahankan macam-mavam produk
yang sudah diproduksi Roti Agung dan mencari lokasi toko atau counter yang
lebih strategis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI