DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:EKA MELINDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Tiktok adalah sebuah media audio visual berupa video dan foto yang di buat dengan disandingkan berbagai musik tiktok ini merupakan aplikasi yang memberikan efek spesial yang unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna nya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan tiktok sebagai sumber belajar PPKn siswa SMPN 1 Banjarmasin (2) mengetahui penggunaan tiktok dalam meningkatkan Motivasi Belajar siswa SMPN 1 Banjarmasin (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan tiktok sebagai sumber belajar  PPKn terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Banjarmasin.  

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 176 siswa dengan sampel yang digunakan berjumlah 32 responden. Penempatan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tabel Krejcie dan Morgan, pengumpulan data yang digunakan dengan teknik kuisioner/angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan Product Moment pada taraf 0,05

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didapat pada siswa SMPN 1 Banjarmasin ada pengaruh penggunaan tiktok sebagai sumber belajar PPKn terhadap motivasi belajar siswa SMPN 1 Banjarmasin. Sesuai dengan perhitungan berdasarkan uji statistik menggunakan Product Moment diperoleh nilai r hitung 0,906 > r tabel 0,334 yang disesuaikan dengan tabel interpresentasi nilai r maka besarnya nilai 0,906-1,000 yang mana berarti ada pengaruh korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi dan peneliti menggunakan program SPSS for windows 21 menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan tiktok terhadap motivasi belajar sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan nilai t(hitung)>t(table) yang menggunakan Uji-Coeffcientsa diperoleh nilai yaitu 14,219>1,69236. Maka terdapat korelasi positif yang signifikan antara Tiktok terhdap Motivasi Belajar di SMPN 1 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI