DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK LATIHAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN PASSING DAN DRIBLLING PADA AKADEMI FUTSAL PMC TANJUNG USIA 16-19 TAHUN
PENGARANG:NURJANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


ABSTRAK

Nurjani. NIM. 1610122110030, 2023. Dampak LatihanCircuit Training Terhadap Kemampuan Passing Dan Dribbling Pada Akademi Futsal PMC Tanjung Usia 16-19 Tahun”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (Utama) Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd. Pembimbing: (Pendamping) Drs. H. M. Mulhim, M.Pd.

Berdasarkan permasalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak signifikan latihan circuit training terhadap kemampuan passing dan dribbling Akademi Futsal PMC Tanjung Usia 16-19 Tahun.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik tes dan pengukuran menggunakan tes dan pengukuran kemampuan passing dan dribbling futsal. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemain Akademi Futsal PMC Tanjung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan total sampling atau sampel jenuh, yang menurut Riduwan (2003: 21), yaitu “teknik pengambilan sampel apabila semua populasi digunakan sebagai sampel dan dikenal juga dengan istilah kata sensus.

Berdasarkan hasil penelitian pada hasil passing dari rata-rata tes awal didapatkan nilai sebesar 4.2 dan setelah di berikan latihan maka rata-rata menjadi 6.65 maka diperoleh selisih angka yaitu sebesar 2.45, hal ini menunjukkan bahwa latihan circuit training terhadap kemampuan passing memberikan perubahan yang baik. Sedangkan untuk hasil perhitungan menunjukkan uji-t dari nilai sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0.05 atau 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat dampak latihan circuit training terhadap kemampuan passing di akademi futsal PMC Tanjung Usia 16-19 Tahun. 2. Berdasarkan perhitungan yang ada, maka dapat dilihat pada hasil dribbling dari rata-rata tes awal didapatkan nilai sebesar 21.10 dan setelah di berikan latihan maka rata-rata menjadi 18.52 maka diperoleh selisih angka yaitu sebesar 2.58, hal ini menunjukkan bahwa latihan circuit training terhadap kemampuan dribbling memberikan perubahan yang baik. Sedangkan untuk hasil perhitungan menunjukkan uji-t dari nilai sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0.05 atau 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat dampak latihan circuit training terhadap kemampuan dribbling di akademi futsal PMC Tanjung Usia 16-19 Tahun..

Kata Kunci :Latihan Circuit Training, Kemampuan Passing Dan Dribbling.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI