DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA SMP ISLAM TERPADU UKHUWAH DI BANJARMASIN
PENGARANG:MEGA ERLINA BULQIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-24


Mega Erlina Bulqiah, 2022. Implementasi Karakter Tanggung Jawab dalam Proses Pembelajaraan PPKN Pada Siswa SMP Islam Terpadu Ukhuwah di Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar, (II) Muhammad Elmy.

Kata kunci : implementasi, karakter tanggung jawab, peserta didik dan pembelajaran ppkn.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan (i) Implementasi Karakter Tanggung Jawab dalam Proses Pembelajaraan PPKn Pada Siswa SMP Islam Terpadu Ukhuwah di Banjarmasin, (ii) Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Karakter Tanggung Jawab dalam Proses Pembelajaraan PPKn Pada Siswa SMP Islam Terpadu Ukhuwah di Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dipilih secara Purposive Sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) implementasi karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran PPKn terlaksana dengan baik, namun hasilnya belum maksimal, karena peserta didik masih berada pada tahap penyesuaian kembali pasca pendemi Covid-19, sehingga masih ditemukan sebagian kecil dari peserta didik yang belum mampu menerapkan nilai-nilai karakter dengan baik, (ii) Faktor pendukung, yaitu guru-guru di sekolah khususnya guru mata pelajaran PPKn yang berperan penting sebagai faktor pendukung dalam implementasi karakter tanggung jawab pada siswa dalam proses pembelajaran dan tentunya di lengkapi dengan program-program sekolah dan sarana prasarana sekolah, untuk faktor penghambatnya berasal dari internal peserta didiknya masing-masing yang pengaruh karakternya tergantung pada lingkungan keluarga dan pergaulannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI