DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI DUKCAPIL BANJARBARU MOBILE, DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
PENGARANG:DIMAS FERNANDAYARIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-25


ABSTRAK

Dimas Fernandayarin, 1810413310037, Dibimbing oleh Mahyuni, Efektivitas Pelayanan Kependudukan Melalui Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile, Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile dalam pelayanan kependudukan di Kota Banjarbaru. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan Kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulam data ini menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menggambarkan dan menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara online di Dinas Kependudukan Camat dan Sipil Kota Banjarbaru dinyatakan efektif karena mendapatkan penilaian lebih dari 60% yaitu sebesar 77,92%. Hasil tersebut kemudian dengan tanggapan responden yang menjadi pemohon dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dimana secara akumulatif menyatakan efektivitas Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile berada dalam kategori baik karena pemohon menganggap Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile dapat memenuhi dan memuaskan harapan pemohon atas pelayanan Publik yang mereka terima saat melakukan pengurusan dokumen kependudukan secara online melalui Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile.

Bagi peneliti selanjutnya, dapat menambahkan variabel lain agar hasil data yang didapatkan lebih lengkap dan akurat dan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru, diharapkan dapat melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam hal mengembangkan dan meningkatkan performa aplikasi guna memperbaiki sistem aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile.

Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan, Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile, Pengajuan Dokumen Elektronik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI