DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Penggunaan Air Aki Zuur Untuk Deteksi Kebuntingan Pada Sapi Limousin
PENGARANG:Laning Dwi Sarah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-25


LANING DWI SARAH. Evektivitas Penggunaan Air Aki Zuur Untuk Deteksi Kebuntingan Pada Sapi Limousin dibimbing oleh Bapak Muhammad Riyadhi dan Bapak Muhammad Rizal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan air aki zuur dalam mendeteksi kebuntingan pada ternak sapi limousin dan untuk mengetahui pada umur kebuntingan berapa air aki zuur dapat digunakan untuk mendeteksi kebuntingan. Deteksi kebuntingan pada sapi limousine ini menggunakan sampel urine serta air aki zuur yang mana didalamnya terdapat cairan asam sulfat pekat (H2SO4) yang mudah didapatkan di daerah setempat, agar peternak juga dapat mendeteksi kebuntingan sendiri setelah ternak dikawinkan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober hingga November 2022 di Kelompok Tani Budidaya Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk memberikan deskripsi atau gambaran dari hasil penelitan yang didapatkan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa deteksi kebuntingan dengan menggunakan air aki zuur dengan nilai akurasi yang didapat yaitu 100% dengan lama waktu reaksi 5-10 menit mulai timbulnya gelembung gas hingga perubahan warna dari kekuningan menjadi ungu muda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI