DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGA NEGARAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 di SMK MUHAMMADIYAH SATUI TAHUN PELAJARAN 2021-2022
PENGARANG:DEWI FADLIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-25


                                      ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis implementasi pembelajaran PPKn pada masa pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Satui Tahun Ajaran 2021/2022 (2) mengidentifikasi kendala apa yang dihadapi saat implementasi pembelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah Satui Tahun Ajaran 2021/2022  pada masa pandemi Covid-19 (3) mengidentifikasi solusi pembelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah Satui Tahun Ajaran 2021/2022 pada masa pandemi Covid-19

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat peneliti dari lapangan diolah secara deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan komentar dan penjelasan sebagai hasil penelitian dalam kaitannya dengan pembelajaran PPKn pada masa pandmi covid-19 di SMK Muhammadiyah Satui.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dimata pelajaran PPkn dalam penerapannya meliputi perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran,strategi pengantaran/ penyampaian, serta media dan teknologi pembelajaran. Pembelajaran berbasis daring dimata pelajaran PPKn dalam pelaksanaannya mengalami beberapa kendala meliputi faktor teknologi, karakteristik pengajar, dukungan keluarga dan karakteristik peserta didik.. Pembelajaran yang digunakan adalah kolaborasi antara pembelajaran daring dengan praktek pembelajaran berbasis project ramadhan sesuai dengan keterampilan peserta didik dengan basis sekolah kejuruan.

Saran pada penelitian ini Pemerintah memperhatikan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran utamanya dalam hal koneksi jaringan internet serta bantuan kuota internet yang lebih memadai. Guru menyiapkan rubrik penilaian pembelajaran secara daring sehingga hasil pembelajaran lebih terstruktur dan jelas. Siswa lebih bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 dan tetap menjaga tata krama selama proses pembelajaran .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI