DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SELF ASSESSMENT SYSTEM, PEMERIKSAAN PAJAK, DAN PENAGIHAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) (STUDI PADA KPP PRATAMA BANJARMASIN TAHUN 2019 - 2021)
PENGARANG:Meilida Indah Pratiwi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-25


ABSTRAKSI

Meilida Indah Pratiwi (2022), Pengaruh Self Assessment System, Pemeriksaan Pajak, dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi Pada KPP Pratama Banjarmasin Tahun 2019 - 2021). Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat.

Pembimbing: Hj. Fatimah, SE, M.Si, Ak, CA

 

Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisis pengaruh self assessment system terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN); (2) untuk menganalisis pengaruh pemeriksaan pajak terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN); (3) untuk menganalisis pengaruh penagihan pajak terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

 

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh data pada Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai, Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, Surat Tagihan Pajak, dan penerimaan PPN pada KPP Pratama Banjarmasin yang terdaftar sepanjang tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan penelitian ini dilakukan dengan studi time series dengan data yang merupakan data waktu ke waktu yaitu selama 3 tahun (2019 – 2021) dan unit datanya merupakan data bulanan, sehingga jumlah seluruh sampel adalah sebanyak 36 (tiga puluh enam). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 25.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa self assessment system berpengaruh signifikan terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Pemeriksaan pajak berpengaruh tidak signifikan terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Penagihan pajak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

 

 

Kata Kunci    :           Self Assessment System, Pemeriksaan Pajak, Penagihan Pajak, Pajak Pertambahan Nilai, PPN

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI