DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN (SOSIO DRAMA)  ANAK KELOMPOK B TK AL-ISTIQLAL PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA TAHUN 2017/2018.
PENGARANG:Maysa Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-25


Putri, Maysa. 2020. Pengembangan Keterampilan Berbahasa Melalui Sentra Bermain      Peran (Sosio Drama) Anak Kelompok B Tk Al-Istiqlal Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya Tahun 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Dosen Pembimbing I: Dr. Sainul Hermawan, M. Hum, Dosen Pembimbing II: Sumasno Hadi, S.Pd, M.Phil.

Kata Kunci: Metode Bermain Peran (Sosio Drama) dan Kemampuan Berbahasa. 

 

Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana hasil dari pengembangan keterampilan berbahasa melalui sentra bermain peran (sosio drama) anak? tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan keterampilan berbahasa melalui sentra bermain peran (sosio drama) anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), data dikumpulkan melalui observasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui nilai rata-rata. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode sentra bermain peran (sosio drama) dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan cara memberikan contoh dialog kata yang sering diucapkan dilingkungan anak dan mengemasnya kedalam bentuk permainan drama peran dengan bantuan media pembelajaran yang diciptakan sendiri. Meningkatnya kemampuan berbahasa anak terbukti dengan hasil observasi yang telah dilakukan dan diperoleh nilai rata-rata siklus 1 48,0%, siklus II 64,0%, siklus III 96,0% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI