DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MODEL "PROJECT CITIZEN" PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN "CIVIC KNOWLEDGE" PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 BARITO KUALA
PENGARANG:Amalia Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-25


Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan mengeksperimenkan model pembelajaran Project Citizen pada pembelajaran dan mengetahui pengaruhnya pada peningkatan Civic Knowledge peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, dimana diberikan perlakuan dan efek perlakuan diukur, tetapi tidak menggunakan sampel acak.Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Barito Kuala dengan mengambil sampel kelas XI IPS 1 menjadi kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 menjadi kelas kontrol atau kelas pembanding.

Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, tes (pre-test dan post-test) dan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji-t yang didukung SPSS. Setelah dianalisis dengan uji T-Dependent didapat peningkatan nilai di kelas eksperimen dengan rata-rata pretest 49,52 menjadi rata-rata post-test 75,28 dengan nilai P sebesar 0,000.

Hasil analisis T-dependent di kelas kontrol adalah 45 hasil rata-rata nilai pretest mengalami kenaikan menjadi 67,8 pada nilai post-test dengan nilai P adalah 0,000. Perbandingan nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan Uji T-Independent menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengetahuan awal dengan hasil nilai t sebesar 1,383 dan nilai p sebesar 0,174, sedangkan pada pengetahuan akhir didapatkan hasil t sebesar 3,721 dan nilai p sebesar 0,001, hal yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada pengetahuan akhir peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI