DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA TOPIK FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
PENGARANG:YENNY WARNIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-26


Yenny Warnida. 2022.  Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Topik Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis untuk Peserta Didik Kelas VII SMP. Pembimbing: Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd. Dr. Suyidno, M.Pd.

Di era industri 4.0, berpikir kritis sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai permasalahan kehidupan sehari-hari. Namun keterampilan tersebut kurang dilatihkan, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid, praktis dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada topik fisika berbasis keterampilan berpikir kritis. Desain penelitian yang digunakan adalah Educational Design Research (EDR), yaitu desain Tessmer meliputi evaluasi diri, validasi ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek uji validitas oleh 3 pakar pendidikan IPA dan 2 praktisi, subjek uji perorangan adalah 3 peserta didik, subjek uji kelompok kecil adalah 9 peserta didik, dan subjek uji coba lapangan adalah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas LKPD sebesar 3,72 dengan kategori valid, kepraktisan isi sebesar 84,44 dengan kategori baik, kepraktisan harapan berkategori sangat baik, kepraktisan aktual berkategori sangat baik, keefektifan harapan sebesar 81,26 dengan kategori baik dan keefektifan aktual sebesar 83,58 dengan kategori baik. Dengan demikian, LKPD topik fisika berbasis keterampilan berpikir kritis termasuk layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: Lembar kerja peserta didik, fisika, keterampilan berpikir kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI