DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 PADA PERUSAHAAN RITEL YANG TERDAFTAR DI BEI (Studi Empiris Pada Laporan Keuangan Industri Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)
PENGARANG:MUHAMMAD RIFQI RAMADHAN AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-26


Muhammad Rifqi Ramadhan Akbar (2022), Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Ritel Yang Terdaftar di BEI (Studi Empiris Pada Laporan Keuangan Industri Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020).

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja keuangan perusahaan ritel sebelum dan saat COVID-19 yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2020. Subjek penelitian adalah rasio keuangan yang terdiri dari 1) Net Profit Margin, 2) Current Ratio, dan 3) Receivable Turnover dengan objek penelitian yaitu perusahaan-perusahaan ritel.

Metode dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu menjelaskan mengenai kinerja keuangan perusahaan ritel sebelum dan saat COVID-19 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis tren dalam persentase untuk mengetahui tendensi atau kecenderungan keadaan keuangan dan kinerja perusahaan yang naik, turun atau tetap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar saat pandemi COVID-19 tren kinerja keuangan perusahaan-perusahaan ritel berdasarkan net profit margin mengalami penurunan, terdapat 10 perusahaan dari 16 perusahaan yang mengalami penurunan. Tren kinerja keuangan berdasarkan current ratio dari sebelum hingga saat COVID-19 dalam kondisi yang stabil tidak ada perubahan yang signifikan, tetapi saat COVID-19 terdapat 6 perusahaan yang mengalami penurunan. Tren kinerja keuangan berdasarkan receivable turnover dalam keadaan stabil, tidak terjadi perubahan dari sebelum hingga saat pandemi COVID-19 dan hampir seluruh perusahaan-perusahaan ritel memiliki pola garis grafik yang sama.

 

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Net Profit Margin, Current Ratio, Receivable Turnover

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI