DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA KONSULTAN PERENCANA JALAN DAN JEMBATAN PADA PEKERJAAN BINA MARGA DI BANJARBAKULA
PENGARANG:WAHID RAMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-26


ABSTRAK

ANALISIS KINERJA KONSULTAN PERENCANA JALAN DAN JEMBATAN PADA PEKERJAAN BINA MARGA

DI BANJARBAKULA

 

WAHID RAMADANI

1920828310008

 

Dr. Eng. Irfan Prasetia, S.T., M.T.

 

Hasil perencanaan sering ditemui kesalahan metode penanganan jalan serta ketidakakuratan volume antara perencanaan dan kondisi dilapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk menganalisis kinerja konsultan perencanaan terhadap indikator dokumen perencanaan, indikator kinerja perencanaan dan indikator pemahaman terhadap acuan perencanaan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan kinerja digunakan metode CSI. Adapun untuk mengetahui kinerja yang mesti ditingkat atau kurang memuaskan maka digunakan metode IPA.

Dari hasil penelitian didapat berdasarkan metode CSI Indikator Dokumen Perencanaan mendapatkan 61,51% (Cukup Puas), Indikator Kinerja Perencanaan mendapatkan 70,01% (Puas), dan Indikator Indikator Pemahaman terhadap Acuan Perencanan mendapatkan 62,63% (Cukup Puas). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi 5 faktor mempengaruhi kinerja konsultan perencana dan perlu ditingkatkan yaitu 1) Kesesuaian antara dokumen gambar, RKS, dan Engineer Estimate, 2) Kesesuaian jenis biaya personil dengan kebutuhan proyek, 3) Kesesuaian jenis biaya non personil dengan kebutuhan proyek, 4) Ketepatan Pengumpulan data, dan 5) Kesesuaian metode perhitungan biaya personil dengan pedoman perencanaan.

Strategi pertama konsultan berkomitmen untuk menggunakan tenaga yang berkompeten sesuai kualifikasi yang tertera. Strategi kedua konsultan melakukan secara cermat meninjau lokasi perencanaan. Dan yang strategi terakhir konsultan bekerja lebih maksimal dan secara efektif dalam proyek konstruksi.

 

Kata Kunci: Konsultan Perencana, CSI, IPA, Kinerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI