DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI BERTAHAN PENGEMUDI BENTOR DI MASA PANDEMI COVID-19
PENGARANG:RISNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-26


Penyebaran wabah virus corona (covid-19) yang semakin meluas membuat pemerintah mengambil tindakan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan untuk meminimalisir penyebaran pandemi ini. Namun, kebijakan-kebijakan yang diterapkan berdampak pada kehidupan masyarakat dalam berbagai sektor, salah satunya sektor transportasi termasuk pengemudi bentor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi aktif yang dilakukan oleh pengemudi bentor di Kota Kandangan Kalimantan Selatan untuk bertahan hidup di masa pandemi covid-19. (2) menganalisis strategi pasif yang dilakukan oleh pengemudi bentor di Kota Kandangan Kalimantan Selatan untuk bertahan hidup di masa pandemi covid-19. (3) menganalisis strategi jaringan yang dilakukan oleh pengemudi bentor di Kota Kandangan Kalimantan Selatan untuk bertahan hidup di masa pandemi covid-19.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 4 (empat) orang pengemudi bentor dan 1 (satu) orang ketua pangkalan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi aktif yang dilakukan pengemudi bentor di Kota Kandangan berupa menurunkan tarif bentor, memanfaatkan fungsi bentor untuk mengangkut barang, dan memiliki pekerjaan sampingan sebagai petani. (2) strategi pasif yang dilakukan pengemudi bentor di Kota Kandangan berupa melakukan penghematan dengan mengutamakan keperluan mendesak dan mengurangi konsumsi rokok. (3) strategi jaringan yang dilakukan  pengemudi bentor di Kota Kandangan dengan memanfaatkan bantuan pemerintah berupa zakat dari BAZNAS dan bantuan kredit bentor, memiliki pelanggan, serta berhutang kepada kerabat saat ada keperluan mendesak.

Saran untuk penelitian ini yaitu (1) untuk pengemudi bentor agar melakukan strategi bertahan dengan berbagai pertimbangan agar strategi yang dilakukan lebih efisien. (2) untuk pemerintah agar lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan pada masa pandemi covid-19 dan lebih memperhatikan jenis pekerjaan yang terdampak seperti pengemudi bentor. (3) untuk penelitian selanjutnya dapat diarahkan pada mekanisme dalam kelompok pengemudi bentor.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI