DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) GURU SDN KECAMATAN LAMPIHONG
PENGARANG:ALPIANOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-26


ABSTRAK

Alpianoor. 2022. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Berprestasi dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru SDN Kecamatan Lampihong. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D (II) Dr. Metroyadi, S.H., M.Pd

 

Kata Kunci: budaya organisasi, motivasi berprestasi, komitmen organisasi, Organizational Citizenship Behavior

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung komitmen organisasi sebagai variabel perantara dalam pengaruh budaya organisasi dan motivasi berprestasi terhadap Organizational Citizenship Behavior guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional dengan analisis jalur. Populasi penelitian adalah guru SDN di Kecamatan Lampihong sebanyak 172 orang, dengan sampel 120 orang ditentukan menggunakan proposional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS.

       Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) budaya organisasi dan komitmen organisasi dalam kategori sangat tinggi. Motivasi berprestasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam kategori tinggi. (2) ada pengaruh langsung budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebesar 0,537, budaya organisasi terhadap komitmen organisasi sebesar 0,628, motivasi berprestasi terhadap komitmen organisasi guru sebesar 0,429, motivasi berprestasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebesar 0,467, komitmen organisasi guru terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebesar 0,697, (3) Ada pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui komitmen organisasi sebesar 0,438, dan motivasi berprestasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui komitmen organisasi sebesar 0,299.

        Berdasarkan hasil penelitian tesebut disarankan, bagi kepala sekolah bersama guru SDN di Kecamatan Lampihong dapat mempertahankan budaya organisasi dan komitmen organisasi yang berada dalam kategori sangat tinggi, motivasi berprestasi dan Organizational Citizenship Behavior dalam kategori tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI