DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEDERAJAT SE KECAMATAN BANUA LAWAS
PENGARANG:AHMAD SYAHIDAN MIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-26


ABSTRAK

Ahmad Syahidan Midi. NIM. 1610122310002. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Guru Pendidikan Jasmani Sederajat Se Kecamatan Banua Lawas. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. Perdinanto, M.Pd (II) Drs. H.M. Mulhim, M.Pd.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Guru Pendidikan Jasmani Sederajat Se Kecamatan Banua Lawas.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan teknik tes dan pengukuran dan pengumpulan data melalui penyebaran angket atau kuesioner.  Populasi pada penelitian ini sebanyak 5 orang yaitu seluruh Guru Pendidikan Jasmani SMPN sebanyak 4 orang, Tsanawiyah sebanyak 1 orang, di Kecamatan Banua Lawas, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 5 orang yaitu seluruh Guru Pendidikan Jasmani SMPN dan Tsanawiyah di Kecamatan Banua Lawas, menggunakan teknik sampel total. Sampel total merupakan keseluruhan populasi yang dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penggunaan media dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Sederajat Se Kecamatan Banua Lawas yaitu berada pada Kategori Sedang 3 orang atau 60,00%. Berdasarkan data yang diperoleh pada tingkat penggunaan media mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan berkategori tinggi sekali sebanyak 1 orang atau 20,00%, katergori tinggi 0 orang atau 0,00 %, kategori Sedang 3 orang atau 60,00%, kategori Rendah 1 orang atau 20,00% dan berada pada kategori Rendah Sekali sebanyak 0 orang atau 0,00%.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, pendidikan jasmani, dan media pembelajaran 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI