DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN BATANG BANYUDI KELURAHAN BANUAANYAR
PENGARANG:Paudah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-01


Makanan menempati urutan teratas dalam pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Hampir semua rumah makanmengharapkan hasil penjualan yang meningkat. Upaya dalam meningkatkan penjualan ini penting sekali bagi usaha rumah makanuntuk melakukan strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini: 1)Mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada rumah makan Batang Banyu; 2) Mendeskripsikan kendala strategi pemasaran rumah makan Batang Banyu dalam menarik minat pembeli; 3) Mendeskripsikan solusi strategi pemasaran rumah makan Batang Banyu dalam meningkatkan penjualan. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada rumah makan Batang Banyu. Subjek dalam penelitian ini terbagi dalam empat kelompok yaitu pemilik usaha, karyawan, pengunjung, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi ke rumah makan Batang Banyu, wawancara dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Teknik analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk deskripsi serta kesimpulan. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, membercheck, dan triangulasi.

Hasil penelitian 1) Strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan pada rumah makan Batang Banyu, strategi yang digunakan yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. 2) Kendala dalam pemasaran untuk menarik minat beli masyarakat di rumah makan Batang Banyu yaitu minimnya pengetahuan masyarakat di kelurahan Banua Anyar, serta terbatasnya lahan parkir untuk pengunjung. 3) Solusi strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan pada rumah makan Batang Banyu, yaitu dengan meningkatkan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi seperti media sosial, memperluas lahan parkir bagi pengunjung, serta memberikan pelayanan yang cepat dan yang baik kepada konsumen. 

Kata kunci :strategi pemasaran, strategi penjualan. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI