DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IX-A MTsN 3 TAPIN
PENGARANG:MUHAMMAD SETYAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-02


ABSTRAK

Setyawan, Muhammad. 2022. Efektivitas Komunikasi dalam PembelajaranBahasa Indonesia di Kelas IX-A MTsN 3 Tapin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing:(I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

Kata kunci: efektivitas komunikasi, pembelajaran, bahasa indonesia

Efektivitas komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan. Efektivitas komunikasi dalam pembelajaran dapat dilihat apabila komunikasi pada pembelajaran menimbulkan pemahaman, kesenangan, memengaruhi sikap, hubungan sosial yang baik, dan tindakan.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas komunikasi dalam pembelajaranBahasa Indonesia di Kelas IX-AMTsN 3 Tapin.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif.Sumber data penelitian berupa pembelajaranBahasa Indonesia di kelas IX-AMTsN 3 Tapin, transkrip video pembelajaran, siswa kelas IX-AMTsN 3 Tapin.Instrumen  pengumpulan data dengan cara observasi  pelaksanaan pembelajaran, angket, dan wawancara.

Hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX-A MTsN 3 Tapin berkaitan dengan lima indikator,yakni pemahaman, kesenangan, memengaruhi sikap, hubungan sosial yang baik dan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memeroleh pemahaman sesuai dengan yang disampaikan guru Bahasa Indonesia. Tercipta hubungan hangat, akrab, dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Guru selalu mengajarkan sikap positif seperti sopan santun dalam pembelajaran, dan guru mengajak siswa untuk memahami ataupun mendalami ilmu pengetahuan Bahasa Indonesia. Apabila mendapatkan kesulitan dalam memahami materi pelajaran, siswa bertanya kepada guru, dan kadang-kadang siswa mengerjakan tugas secara berkelompok. Guru mengajukan pertanyaan terkait materi pembelajaran dan siswa dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa efektivitas komunikasi dalam pembelajaranBahasa Indonesia di kelas IX-AMTsN 3 Tapin dinyatakan efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI