DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) MIKRO DI KELURAHAN KALAWA KECAMATAN KAHAYAN HILIR KABUPATEN PULANG PISAU
PENGARANG:SYAHID KAMAL FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-03


ABSTRAK

Syahid Kamal Firdaus, NIM. 2020421310014, 2022. Implementasi Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kelurahan Kalawa Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau. Di bawah bimbingan Dosen Pembimbing I Andi Tenri Sompa dan Dosen Pembimbing II Siswanto Rawali.

            Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Implementasi Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kelurahan Kalawa yang dilakukan oleh Tim Pos Komando PPKM Mikro Kelurahan Kalawa dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi kendala pada Implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kelurahan Kalawa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan Penelitian adalah : Camat Kahayan Hilir; Lurah Kalawa; Ketua LPMK Kelurahan Kalawa; Sekretaris Lurah Kalawa; Ketua PKK Kelurahan Kalawa; Ketua RT Kelurahan Kalawa; Relawan PPKM; dan Masyarakat Kelurahan Kalawa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan PPKM mikro dalam upaya pengendalian penyebaran covid-19 di Kelurahan Kalawa sudah dilaksanakan secara optimal dilihat dari pelaksanaan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), 3T (Tes, Telusur, dan Tindak Lanjut) dan vaksinasi. Berdasarkan faktor-faktor penghambat menunjukkan bahwa komunikasi penyaluran informasi berjalan dengan baik dan konsisten hingga dampak kebijakan dirasakan oleh masyarakat. Sumber daya manusia sudah memadai dan melibatkan berbagai elemen masyarakat, sumber daya anggaran cukup memadai, sumber daya peralatan juga sudah memenuhi kebutuhan serta  sumber daya wewenang untuk tim PPKM mikro memudahkan dalam pengambilan keputusan yang bersifat segera. Masih terdapat pelaksana kebijakan yang belum memiliki komitmen dan kurang bertanggung jawab walaupun sudah diberikan insentif yang cukup. Pembentukan struktur organisasi sudah sesuai aturan dan pelaksanaan kegiatan tim PPKM mikro terkoordinir dengan baik.

 

Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, dan PPKM Mikro.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI