DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN APLIKASI TOUPIC (TOUCH PICTURE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK SPEECH DELAY KELAS II DI SLB NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:RIZKIATUL ILAHIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-03


Ilahiah, Rizkiatul. 1810127320015. 2023. Pengembangan Aplikasi Toupic                       (Touch Picture) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif                     Anak Speech Delay Kelas II di SLB Negeri 1 Martapura. Dosen                             Pembimbing I: Dr. Ali Rachman, M. Pd. Dosen Pembimbing II:                              Mirnawati, M. Pd

Kata Kunci: Anak Speech Delay, Bahasa Ekspresif, Pengembangan Aplikasi

Penelitian ini didasari permasalahan pada subjek anak speech delay fungsional atau anak kurang mendapatkan stimulus yang mengalami kesulitan dalam bahasa ekspresifnya dengan artikulasi belum jelas sehingga anak kesulitan mengungkapkan keinginannya. Berdasarkan hal tersebut peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa aplikasi toupic (touch picture) dalam kemampuan bahasa ekspresif  anak speech delay.

Jenis penelitian ini berupa Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri 1 Martapura kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar angket, lembar tes, dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik dan deskriptif.

Hasil penelitian pengembangan aplikasi berbasis android menunjukkan bahwa: 1) prosedur pengembangan aplikasi toupic (touch picture) ada analisis untuk penelitian awal mengetahui kondisi dan kebutuhan anak, tahap desain menyusun kerangka aplikasi, pada tahap pengembangan yakni mengembangkan kerangka aplikasi dibantu oleh ahli IT dan selanjutnya dilakukan langkah validasi oleh ahli dengan masukan berupa penambahan fitur, pergantian fitur, pergantian nama, penambahan deskripsi dan mendapat skor persentase keseluruhan sebesar 95% dan dinyatakan sangat valid atau sangat layak. Selanjutnya pada tahap implementasi untuk menguji aplikasi toupic (touch picture) kepada anak speech delay dengan mendapatkan hasil persentase sebesar 82%, dan tahap evaluasi dilakukan guru dan anak yang menunjukkan bahwa aplikasi tidak memerlukan revisi akhir lagi. 2) Aplikasi toupic (touch picture) pada penelitian ini memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan bahasa ekspresif anak speech delay terlihat dari persentase sebelum dan setelah yakni 52% menjadi 82%.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI