DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STEREOTIP PEREMPUAN PADA NOVEL “RAPIJALI” KARYA DEWI LESTARI
PENGARANG:SELFI NOVIA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-06


ABSTRAK

 

 

Pratiwi, Selfi Novia. 2022. Stereotip Perempuan pada Novel “Rapijali” Karya Dewi Lestari. Skripsi.Program Studi Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni.FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing:

(1) Dr. Sabhan, M.Pd.; (2) Ahsani Taqwiem,M.Pd.

Kata Kunci:stereotip perempuan, perempuan,feminisme

Stereotip perempuan dengan feminisme berkaitankarena mengkaji perempuan. Penelitian ini bertujuan:1)mendeskripsikan stereotip perempuan pada novel Rapijali 1 Mencari karya Dewi Lestari; 2) mendeskripsikan stereotip tokoh perempuan padanovel Rapijali 2 Menjadi karya Dewi Lestari ; dan 3)mendeskripsikan stereotip tokoh perempuan novelRapijali 3 Kembali karya Dewi Lestari.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari novel Rapijali 1 Mencari, novel Rapijali 2 Menjadi dan novel Rapijali 3 Kembali karya Dewi Lestari.Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka. ada dua tahap pengumpulan data menggunakan studi pustaka, antara lain: membaca secara teliti novel Rapijali 1 Mencari, novel Rapijali 2 Menjadi dan novel Rapijali 3 Kembali karya Dewi Lestari dan memberikan tanda serta mencatat kalimat dan menjelaskan stereotip yang ditemukan dengan kajian feminisme. Teknik analisis dataantara lain:reduksi data, menyajikan data dan simpulan.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Ketiga novel Rapijali karya Dewi Lestari (2021) terdapat stereotip yang bersifat positif dan negatif. Ketiga novel Rapijali karya Dewi Lestari ini memiliki perbedaan pandangan mengenai perempuan. Stereotip perempuan pada ketiga novel Rapijali karya Dewi Lestari dilihat melalui fisik, sifat dan psikis tokohperempuan. Fisik tokoh perempuan, antara lain:pemberani, gigih dan cantik. Sifat tokoh perempuan pada ketiga novel ini, antara lain: baik, labil, teliti dan tegas. Psikis tokoh perempuan pada novel ini, antara lain: kuat mental dan memiliki perasaan yang sensitif. Latar belakang tokoh perempuan yang bernama Ping, yang merupakan anak sebatang kara tanpa orang tua dipaksa menjadi anak yang kuat, berani dan tidaklemah. Kehidupan yang begitu pahit, perlahanmengubah karakteristik serta kehidupan para tokoh. Tokoh perempuan pada ketiga novel Rapijali karya Dewi Lestari tidak terlepas dari kondratnya menjadi seorang perempuan, yang memiliki sifat feminis danlemah lembut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI