DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program CSR PT. Indo Muro Kencana di Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah
PENGARANG:ERIKA SEPTIANI THERESIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-06


Kabupaten Murung Raya mempunyai potensi sumber daya alam berupa hutan dan hasil tambang. PT. Indo Muro Kencana adalah salah satu perusahaan di Kabupaten Murung Raya yang berbisnis di pertambangan emas dan perak. PT. Indo Muro Kencana telah melakukan program CSR sejak mulai beroperasi di desa-desa di sekitar kawasan perusahaan, saat ini lebih fokus melalui kegiatan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Program CSR yang sudah dilakukan secara maksimal dari pihak PT. Indo Muro Kencana sejak mulai beroperasinya, hanya saja tidak semua yang telah dilakukan oleh pihak perusahaan dapat diterima dengan baik pula oleh masyarakat sebagai penerima manfaat. Indeks ketahanan sosial, indeks ekonomi dan indeks ketahanan ekologi/lingkungan adalah tiga indeks ketahanan indikator yang hampir sama dengan indikator dalam pelaksanaan program PPM oleh CSR PT. Indo Muro Kencana. Desa-desa binaan PT. IMK berdasarkan Indek Desa Membangun Kabupaten Murung Raya dari Tahun 2019-2021. Ada posisi desa yang meningkat pada setiap tahunnya, tetapi ada pula posisi desa yang masih sama pada setiap tahunnya, walaupun di desa tersebut telah menerima program CSR dari PT. IMK. Membuka fenomena tanggung jawab sosial yang telah dilaksanakan oleh PT. Indo Muro Kencana di desa-desa binaan inilah yang kemudian menjadi prinsip pelaksanaan penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu: menganalisis pelaksanaan, menganalisis kesesuaian penyusunan dan menganalisis dampak pelaksanaan implementasi program CSR PT. Indo Muro Kencana.

 Tempat penelitian meliputi Desa Mangkulisoi Kecamatan Tanah Siang, Desa Tumbang Bantian Kecamatan Sungai Babuat, Desa Dirung Lingkin Kecamatan Tanah Siang Selatan dan Desa Mangkahui Kecamatan Murung. Alasan pemilihannya karena desa-desa berada pada ring 1 dan mewakili masing-masing Kecamatan dalam areal pertambangan PT. Indo Muro Kencana. Data primer diperoleh dari observasi langsung di lapangan dan wawancara. Data sekunder diperoleh melalui berbagai referensi berupa laporan, studi kepustakaan terkait meliputi dokumen, peraturan/keputusan Bupati, RPJMD Kabupaten Murung Raya dan kajian teoritis pada penelitian terdahulu. Data dianalisis menggunakan metode analisis Interaktive Model yaitu dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.

PT. Indo Muro Kencana telah melaksanakan CSR (Corporate Social Responsibility) melalui program PPM sejak tahun 2020 hingga Tahun 2021 dengan 8 parameter yang ada: pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, kelembagaan komunitas masyarakat serta pembangunan infrastruktur dan mempunyai performa yang baik serta sudah sesuai dengan Rencana Induk PPM yang disusun oleh PT. Indo Muro Kencana. Pelaksanaan program CSR PT. Indo Muro Kencana telah berkesesuain dengan Program dan Kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya, melewati RPJMD Kabupaten Murung Raya Tahun 2018 – 2023. Pelaksanaan CSR PT. IMK melalui program PPM sangat dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat desa sekitar areal tambang, seperti dapat dilihat melalui perhitungan hasil kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat yang menjadi responden dalam penelitian ini, 3,77% menyatakan sangat baik pelaksanaan program CSR PT. IMK melalui program PPM dan 45,59% menyatakan baik, 44,53% menyatakan cukup baik, 3,64% menyatakan kurang baik serta hanya 2,47% menyatakan sangat tidak baik. Selanjutnya Presepsi masyarakat terhadap pelaksanaan program PPM oleh CSR PT.IMK dapat dilihat melalui perhitungan IPS (Indeks Penerimaan Sosial) masyarakat desa sebagai penerima manfaat PPM CSR PT. IMK diperoleh skor nilai 59,63% pada posisi sedang dan Indeks Perilaku Masyarakat terhadap pelaksanaan program PPM CSR PT. IMK ada pada skor 66,64% posisi sedang. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat cukup merasakan manfaat dan cukup menerima pelaksanaan program CSR PT. IMK melalui program PPM ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI