DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 139 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN APLIKASI PELAYANAN ADMINISTRASI KELURAHAN TERINTEGRASI (PALUI) DI KELURAHAN SUNGAI MIAI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SEKAR ARUM SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-07


ABSTRAK

Sekar Arum Sari, 1710411620040, 2022. Implementasi Peraturan Walikota Nomor 139 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aplikasi Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi (PALUI) di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin”. Di bawah bimbingan Bapak Enly Hadiyanor.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien pemerintah meluncurkan inovasi layanan berbasis e-government yaitu PALUI (Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi). Program aplikasi ini rilis sejak Maret Tahun 2017. Aplikasi ini akan menyimpan data administrasi di kelurahan secara terintegrasi yang dapat disesuaikan ke Instansi terkait seperti Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Peraturan Walikota Nomor 139 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aplikasi Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi (PALUI) di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin; dan 2) Faktor-faktor penghambat Implementasi Peraturan Walikota Nomor 139 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aplikasi Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi (PALUI) di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari George Edward III untuk mengukur keberhasilan implementasi kebijakan, ada 4 variabel yang digunakan yaitu: Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Walikota Nomor 139 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aplikasi Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi (PALUI) di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin sudah berjalan dengan baik namun belum optimal. Masih ada beberapa kendala yang menjadi penghambat dalam Implementasi Peraturan Walikota Nomor 139 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aplikasi Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi (PALUI) di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Kendala tersebut diantaranya: Kurangnya Sumber Daya Sarana dan Prasarana dan Kurangnya kesadaran masyarakat. Saran untuk penelitian ini, yaitu: 1) Perlu adanya peningkatan sumber daya sarana dan prasarana, yakni peningkatan kualitas jaringan internet dan perlu adanya penambahan kursi di ruangan pelayanan kelurahan Sungai Miai; 2) Peningkatan kesadaran masyarakat.

Kata Kunci: Implementasi, Pelayanan Administrasi, PALUI

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI