DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Azas Tranparansi Pada Analisis Pengelolaan Dana Desa Di Desa Pangkalan Sari Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun Anggaran 2022
PENGARANG:MUHAMMAD IRWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-07


                              ABSTRAK

Muhammad Irwan D1B115429 Azas Transparansi Pada Analisis Pengelolaan Dana Desa Di Desa Pangakalan Sari Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Di bimbimg oleh Bapak Drs. Abdurrahman, M.Si  selaku dosen pembimbing

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan Transparansi Pengelolaan Dana Desa Di Desa Pangkalan Sari Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Mengetahui Faktor-Faktor Kendalanya.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian adalah kepala desa, sekretaris desa, BPD dan beberapa anggota masyarakat. Lokasi penelitian terletak di Desa Pangkalan Sari, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada tiga proses analisis data yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.

            Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi pengelolaan dana desa di Desa Pangkalan Sari Kecamtan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah berdasarkan asas-asas atau pengelolaan anggaran daerah. Hal ini dapat dilihat dari proses pengelolaan dana desa ataupun anggaran dana desa dimulai dengan sebuah perencanaan pada saat musyawarah dalam rencana pembangunan ataupun pengadaan sarana dan infrastruktur. Kalau faktor kendala dalam transparansi pengelolaan dana desa di Desa Pangkalan Sari Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara tidak mengalami kendala, sebab efek diadakannya kegiatan sosialisai dan musyawarah antar aparatur dan masyarakat desa Pangkalan Sari menghasilkan keputusan tentang pelaksanaan anggaran dana desa  tersebut.

            Berdasarkan hasil kajian, pemerintah desa pangkalan sari, penanggung jawab pengelolaan anggaran desa melakukan kegiatan dengan mempertimbangkan potensi kapasitas pengelolaan desa, dan dengan memberikan skala prioritas pembangunan.

 

Kata Kunci: Transparansi, Pengelolaan, Dana Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI