DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBANDINGAN CAPM DAN FAMA AND FRENCH FIVE FACTOR MODEL DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PADA INDEKS IDX80 TAHUN 2019-2021
PENGARANG:Noor Firmansyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-08


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model mana yang lebih baik antara model CAPM dan Fama and French Five Factor Model dalam mengestimasi return saham pada Indeks IDX80 periode 2019-2021. Menurut model CAPM, yang akan mempengaruhi tingkat return saham adalah beta. Menurut model Fama and French Five Factor Model yang mempengaruhi tingkat return saham adalah premi risiko, firm size yang diproksikan dengan SMB, faktor book to market ratio yang diproksikan HML, faktor profitabilitas yang diproksikan dengan RMW, dan faktor investasi yang diproksikan oleh CMA.

Populasi pada penelitian ini berjumlah 80 perusahaan. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling yang selanjutnya didapatkan 50 perusahaan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.

 

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model Fama and French Five Factor Model lebih baik dari model CAPM dalam memprediksi return saham pada Indeks IDX80 periode 2019-2021. Pada model CAPM,beta tidak berpengaruh terhadap return saham. Pada Fama and French Five Factor Model premi risiko berpengaruh terhadap return saham. Firm size berpengaruh terhadap return saham. Book to market ratio tidak berpengaruh terhadap return saham. Profitabilitas berpengaruh terhadap return saham. Investasi tidak berpengaruh terhadap return saham.

Kata kunci: CAPM, Fama and French Five Factor Model, Beta, Premi Risiko, Firm Size, Profitabilitas, Investasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI