DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PAKSAAN KONSUMTIF DI KALANGAN PEMAIN GAME ONLINE ARKNIGHTS DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:M. Raihan Nur Rafi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-08


ABSTRAK

M. Raihan Nur Rafi, 2022, Paksaan Konsumtif Di Kalangan Pemain Game Online Arknights Di Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat.

Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Arknights, Kota Banjarmasin

Perilaku konsumtif adalah perilaku yang dilakukan agar mendapatkan kepuasan pribadi oleh setiap orang. Di Kota Banjarmasin banyak terdapat perilaku konsumtif yang dilakukan. Salah satunya yaitu perilaku konsumtif yang dilakukan oleh pemain game online Arknights. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana gambaran perilaku konsumtif dan faktor-faktor yang menyebabkan pemain game online Arknights berperilaku konsumtif.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada Kota Banjarmasin serta dipilih sebanyak tiga orang informan yang ditentukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran perilaku konsumtif pemain game online Arknights (a) penggunaan media untuk memainkan game melalui HP (b) fitur-fitur yang disukai oleh pemain game online Arknights (c) Kegiatan yang dilakukan pada pemain (d) top-up dilakukan oleh pemain karena adanya karakter baru dan pembelian skin (e) pemain menghabiskan waktu dengan melakukan farming material, event dari game dan event mingguan/Annihilation. (2) Faktor yang melatarbelakangi pemain melakukan perilaku konsumtif dalam bermain game Arknights(a) faktor internal disebabkan karena adanya motivasi dan pengalaman belajar, (b) faktor eksternal disebabkan karena adanya situasi yang mendesak dan kelompok referensi.

Berdasarkan hasil penelitian (1) Bagi peneliti berikutnya disarankan agar lebih memperkaya data salah satunya yaitu bagaimana cara pemain Arknights memanajemen waktu dan keuangan ketika berperilaku konsumtif. (2) Bagi pemain game online arknights alangkah baiknya bisa membatasi perilaku konsumtif seperti melakukan top-up, agar lebih mengutamakan kebutuhan primer. (3) Bagi perpustakaan dapat diharapkan penelitian ini menjadi sebagai bahan kajian untuk menambah referensi mengenai Paksaan Konsumtif Di Kalangan Pemain Game Online Arknights.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI