DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN BPJS KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. H. MOCH. ANSARI SALEH BANJARMASIN
PENGARANG:I Gede Andre Gunawan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-08


ABSTRAK

 

I Gede Andre Gunawan. 1810411610005. 2023. Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin. Dibawah Bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. M. Ansari Saleh Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. M. Ansari Saleh Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan mempunyai dua sumber data yaitu data primer dan sekunder, serta proses pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan dari Parasuraman untuk menganalisis kualitas pelayanan pasien BPJS Kesehatan pada pasien rawat inap di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas pelayanan yang diberikan berdasarkan teori Parasuraman : kualitas pelayanan pasien BPJS Kesehatan pada pasien rawat inap masih kurang baik hal ini dapat dilihat dari bukti langsung, kehandalan, daya tanggap yang kurang optimal dalam pelayanan pasien BPJS rawat inap. Sedangkan jaminan dan empati sudah baik dilihat dari perilaku dan perhatian pegawai terhadap pasien dalam pelayanannya sudah baik. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat kualitas pelayanan pasien BPJS Kesehatan pada pasien raat inap di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin berkaitan dengan sarana dan prasarana dan faktor penghambat berkaitan dengan sumber daya manusia.

Saran  yang diberikan dalam penelitian ini yaitu Bagi pegawai bagian pelayanan di rumah sakit umum daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin diharapkan dapat meningkatkan kualitas disiplin kerja yang dimiliki agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat/pasien dapat berjalan dengan optimal.

 

Kata Kunci : Kualitas pelayanan, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI