DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KEKERABATAN TERHADAP KETERPILIHAN KEPALA DESA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA HAJAK KECAMATAN TEWEH BARU KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:VITA RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-08


Vita Rahayu, 2022. “Peran Kekerabatan Terhadap Keterpilihan Kepala Desa Pada Pemilihan Kepala Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara”. Skripsi, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Siti Hamidah

Tujuan penelitian ini mengetahui peran serta kekerabatan dalam memenangkan kerabatnya pada saat Pemilihan Kepala Desa di Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara. Metode penelitian yang digunakan oleh adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu memberikan informasi atau gambaran terhadap objek yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kekerabatan terhadap keterpilihan Kepala Desa Hajak ternyata masih nyata adanya, kerabat dari pihak Bapak Sariono memegang peranan yang aktif dalam mendukung agar menduduki jabatan sebagai Kepala Desa Hajak. Upaya yang dilakukan adalah menjadi intelejen yang mengumpulkan informasi, penarik suara pemilih pemula, dan memotivasi masyarakat untuk memilih calon yang mereka dukung.

Berdasar hasil penelitian peneliti menyarankan kepada Panitian Pemilihan Kepala Desa melaksanakan sosialisasi karena masyarakat desa membutuhkan edukasi lagi mengenai persoalan memilih pemimpin Kepala Desa yang sesuai. Adapun untuk Calon Kepala Desa agar memiliki daya saing yang lebih mempuni lagi tidak hanya mengandalkan peran serta jaringan kekerabatan saja. 

 

 

 

 

Kata kunci: Kekerabatan, Kepala Desa, Pemilu, dan Pemilihan Kepala Desa 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI