DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKATER NILAI KEDISIPLINAN DAN PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI (Multi Situs Di TK Mawar Dan TK Sejahtera Mandiri Kecamatan Gambut)
PENGARANG:HENNY APRIANA NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-08


 

ABSTRAK

 

Nisa, Henny, Apriana. 2022. Implementasi Pendidikan Karakater Nilai Kedisiplinan Dan Peduli Sosial Anak Usia Dini (Studi Multi Situs Di Tk Mawar Dan Tk Sejahtera Mandiri Kecamatan Gambut). Tesis Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing : (1)  Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd (2) Dr. Nina Permata Sari, S. Psi., M.Pd.

 

Keyword: Implementasi pendidikan karakter, kedisiplinan dan peduli sosial

 

            Pendidikan karakter sangatlah penting ditanamkan sejak dini karena proses pembentukkan karakter beangsur cukup lama hingga tumbuh dewasa. Pendidikan karakter kedisiplinan dan peduli sosial sangatlah berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengetahui implementasi pendidikan karakter nilai kedisiplinan dan peduli sosial pada anak usia dini. Selain itu, menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan baru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui strategi, penanaman nilai kedisisplian dan peduli sosial, pelaksaan serta faktor pendorong dan penghambat pendidikan karakter.

 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskripsi kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari : Kepala Sekolah, Guru Pengajar Serta Orang Tua/Wali Murid. Lokasi penelitian di TK Mawar dan TK Sejahtera Mandiri Kecamatan Gambut. Analisis data menggunakan analisis deskriptif diawali dengan reduksi data, display data serta verifikasi.

 

Hasil penelitian yang ditemukan, yakni: 1)Strategi pendidikan karakter kedisiplinan dan peduli sosial  anak usia dini  dilakukan dengan kegiatan pembelajaran yang kooperatif, menumbuhkan rasa percaya diri anak, peran sebagai seorang pengasuh, odel dan mentor serta pemberian nasehat. 2) Nilai pendidikan karakter kedisiplinan yakni datang kesekolah tepat waktu dan meneggakkan aturan, nilai peduli sosial yaitu bersikap sopan santun terhadap orang lain dan tidak mengambil keuntungan seerta menghargai orang lain. 3) pelaksanaan pendidikan karakter menggunakan metode bermain dan metode pembiasaan. 4) Faktor pendorong antara lain : guru yang berkualitas, dukungan dari orang tua, lingkungan sekolah & sarana prasarana. Faktor penghambat antara lain: orang tua yang kurang mendukung, lingkungan sekolah, sarana prasarana serta kondisi anak.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI