DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMETAAN PENYAKIT UTAMA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Uswatun Hasanah
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-10-11


RINGKASAN
Uswatun Hasanah. Pemetaan Penyakit Utama Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) di Kalimantan Selatan di bawah bimbingan ibu Prof. Dr. Ir. Hj. Salamiah M.S dan Bapak M. Indar Pramudi, SP., MP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran penyakit utama pada bawang merah di Kalimantan Selatan. Penelitian menggunakan metode survei purposif dengan sengaja yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan lapangan dan tahap pengolahan data (pembuatan peta dan penyusunan laporan). Penelitian dilaksanakan selama 5 (lima) bulan, sejak bulan November 2017-Maret 2018. Sedangkan lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Kotabaru dan Kota Banjarbaru.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua penyakit utama bawang merah yang menyerang lahan pertanaman bawang merah di Kalimantan Selatan. Penyakit tersebut yaitu Layu Fusarium dan Antraknosa yang menyerang pertanaman bawang merah di seluruh penelitian dan Antraknosa menyerang 5 kabupaten tersebut diatas, tetapi tidak ditemukan di Kota Banjarbaru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI