DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS IMPLEMENTASI PELAKSANAAN KEBIJAKAN SATU DATA TERHADAP DIGITALISASI DAN PEMBANGUNAN DAERAH PADA PORTAL WEBSITE SATU DATA HULU SUNGAI SELATAN (Studi Pada Implementasi Penerapan Portal Website “Satu Data Hulu Sungai Selatan”)
PENGARANG:NANI YUNIARTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-10


NANI YUNIARTY, 1820422320002, 2022. Analisis Implementasi Pelaksanaan Kebijakan Satu Data Terhadap Digitalisasi Dan Pembangunan Daerah Pada Portal Website Satu Data Hulu Sungai Selatan. Dibawah bimbingan M. Anshar Nur, sebagai Dosen Pembimbing I dan M. Riduansyah Syafari sebagai Dosen PembimbingII.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tingkat keberhasilan pelaksanaan implementasi Penerapan Portal Website “Satu Data Hulu Sungai Selatan”. Selain itu untuk menguraikan apa permasalahan dalam Pelaksanaan Kebijakan Satu Data dan bagaimana upaya dalam mengatasi kendala dan hambatan pada Implementasi Tentang Satu Data Hulu Sungai Selatan sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2021 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dengan teori George C. Edwards III (1980)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi dalam mengatasi kendala dan hambatan dalam Implementasi Satu Data Hulu Sungai Selatan sesuai Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2021 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah dengan meningkatkan faktor disposisi atau sikap pelaksana yang telah berhasil dilaksanakan secara optimal. Dalam indikator pengangkatan birokrat, seluruh pelaksana kebijakan menjalankan tugasnya dengan disiplin dan tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya. Salah satu aspek penting adalah peran Admin Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mengisi data statistik sektoral pada portal data satu Hulu Sungai Selatan yang ditujukan kepada stakeholdernya yakni masyarakat dan OPD di lingkup pemerintahan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Selain itu, indikator birokrasi sudah terdapat Standard Operating Procedures (SOP) dalam Program Digitalisasi Daerah dalam menjalankan tugasnya dan dilaksanakan sesuai SOP. Pada indikator fragmentasi, semua masyarakat dilakukan secara merata tanpa diistimewakan, baik dari instansi terkait seperti Bappelitbangda maupun masyarakat umum yang sedang mencari data untuk keperluan penelitian dan sebagainya di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI