DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI: SUATU UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK SPESIFIK MELEMPAR BOLA KE ARAH SASARAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
PENGARANG:FERAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-10


RINGKASAN

Ferawati. 2023. Penerapan Gaya Mengajar Inklusi: Suatu UpayaMeningkatkan Hasil Belajar Gerak Spesifik Melempar Bola ke Arah Sasaran Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Pembimbing: Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd; Dr. Herita Warni, M.Pd.


              Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan dan memperbaiki hasil belajar keterampilan gerak spesifik melempar bola ke arah sasaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Danau Panggang dengan menggunakan gaya mengajar inklusi.

Metode yang digunakan adalah metode Action Research Classroom atau penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian model Kurt Lewin merupakan rancangan penelitian yang digunakan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Danau Panggang dengan subjek penelitian berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 17 perempuan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran gerak spesifik melempar bola besar ke arah sasaran menggunakan gaya mengajar inklusi. Berdasarkan Hasil belajar pada siklus I didapat 44% siswa yang tuntas melakukan gerak spesifik melempar bola ke arah sasaran, sementara pada siklus ke II terjadi peningkatan menjadi 81%. Jika dirata-ratakan peningkatan gerak spesifik melempar bola ke arah sasaran menggunakan gaya mengajar inklusi sebanyak 37%. Peningkatan lainnya juga terlihat pada aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas guru yang dilakukan kolaborator selama proses pembelajaran gaya mengajar inklusi mengalami peningkatan sebesar 47%. Sedangkan, penilaian aktivitas siswa dalam menerapkan gaya mengajar inklusi meningkat sebesar 25%.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI