DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX PADA PERMAINAN CATUR KUTABALI | |
PENGARANG | : | ISWAN RIADI | |
PENERBIT | : | FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM | |
TANGGAL | : | 2018-10-11 |
ABSTRAK
IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX PADA PERMAINAN CATUR KUTABALI (Oleh: Iswan Riadi; Pembimbing: Radityo Adi Nugroho, S.T, M.Kom dan Irwan Budiman, S.T, M.Kom; 2018; 66 halaman)
Catur kutabali adalah permainan matematika yang membantu melatih kemampuan berhitung dan memikirkan strategi. Permainan ini dimainkan oleh dua orang secara bergilir. Setiap pemain memiliki angka. Dan pada setiap giliran, pemain meletakkan pion di dalam kotak yang memiliki nilai berbeda sesuai dengan hasil operasi matematika dari angka yang dipilih para pemain. Pemain menang ketika berhasil menyusun deret pion secara horizontal, vertikal atau diagonal dalam jumlah tertentu. Pada penelitian ini, algoritma Minimax diimplementasikan sebagai lawan bermain dari seorang manusia. Algoritma minimax diharapkan dapat memberikan perlawanan maupun mengalahkan lawannya. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa SD, SMP, SMA dan mahasiswa, tingkat kesukaran yang didapat masuk ke kategori sedang dan rata-rata yang dibutuhkan algoritma dalam memilih langkah yaitu 9,44 detik dengan standar deviasi 2,84 atau sekitar 6,60 sampai 12,28 detik.
Kata kunci: Minimax, Catur Kutabali, Permainan.
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI